Mempromosikan Bisnis dengan 8 Langkah

Mempromosikan Bisnis dengan 8 Langkah

DOWNLOAD SEKARANG >>>2 Ebook Gratis tentang 21 Ide Bisnis & Financial Freedom

Promosi bisnis merupakan langkah yang harus dilakukan oleh pebisnis apapun agar bisnisnya dikenal dan diketahui oleh publik. Khususnya bagi pebisnis yang baru saja mulai, bahkan pebisnis lama-pun dan sudah terkenal sekalipun masih melakukan promosi.

Ada banyak cara untuk mempromosikan sebuah bisnis, dan masing-masing cara berbeda dalam hal waktu, pengerjaan, dan biaya. Banyak perencanaan bisnis menggunakan kombinasi beberapa metode, berdasarkan setiap kebutuhan dan situasinya.

Berikut ini langkah-langkah mempromosikan bisnis :

Langkah Ke 1 : Bangunlah Brand/Merk Bisnis Anda

Brand/Merk merupakan sebagai penanda suatu produk, sehingga produk tersebut mudah dikenali dan diingat oleh customer. Merk yang semakin dikenal luas adalah tujuan para pebinis.

Karena hal itu akan memberikan krebilitas pada bisnis Anda dan memberikan inspirasi untuk orang lain agar mempromosikan bisnis Anda melalui perkataan mereka.

Lakukan promosi merk bisnis Anda dengan menempatkan logo atau nama brand yang jelas pada setiap media, surat menyurat, kartu nama, brosur, spanduk, situs web, sosial media dan barang dagangan Anda.

Langkah Ke 2 : Bangun Jejaring

Bergabunglah dengan komunitas/group bisnis yang sudah lama berdiri yang berkaitan dengan bisnis yang Anda bangun, kemudian ikuti setiap ada kegiatan gathering.

Pertemuan dengan mereka adalah cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis, karena memberi Anda kesempatan untuk mempelajari pesaing Anda, meminta referensi, serta membentuk kemitraan yang saling menguntungkan dalam bidang-bidang industri yang saling melengkapi sekaligus menyebarkan kesadaran mengenai bisnis Anda melalui sekelompok orang-orang yang memiliki pemikiran yang sejalan.

Berjejaring dengan profesional lainnya dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Hadirilah pertemuan kelompok jejaring. Anda dapat menemukan kelompok jejaring dan klub-klub profesi di internet, koran dan publikasi perdagangan.
  • Perkenalkan diri kepada orang-orang yang ada di pertemuan tersebut. Jelaskan mengenai bisnis Anda, produk atau jasa yang Anda tawarkan yang membuat Anda lebih menonjol dari pesaing lainnya, dan tujuan yang dapat dicapai melaluiu kemitraan dengan Anda dalam bisnis ini.
  • Ajukan pertanyaan yang relevan saat diskusi kelompok. Untuk mempromosikan bisnis, Anda dapat belajar banyak dari pertemuan berjejaring. Selain itu, mengajukan pertanyaan yang terbuka mendorong orang lain untuk berpartisipasi dalam pembicaraan dan memberi Anda kesempatan untuk memperkenalkan bisnis Anda lebih jauh.
  • Bagikan kartu nama Anda. Aturlah pertemuan terpisah dengan orang-orang yang menunjukkan ketertarikan untuk mengetahui bisnis Anda lebih jauh.

Langkah ke 3 : Pilih Media Iklan yang Efektif

Ada banyak media untuk beriklan baik secara offline maupun online, seperti ; memasang spanduk, membuat brosur, memberikan surat langsung kepada customer, beriklan di media masa, beriklan di media elektronik dan online menggunakan internet melalui sosial media.

Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi dari sekian banyak media beriklan, iklan melalui sosial media (online) merupakan yang paling efektif dan efisien. Biaya yang dikeluarkan tidak banyak dan bisa mentarget sasaran.

Baca Juga : Cara Sukses Jualan di Facebook

Langkah Ke 4 : Andalkan Kekuatan Media Sosial

Seperti dijelaskan di atas bahwa media sosial merupakan media yang efektif untuk beriklan, karena media sosial telah menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Tiada hari tanpa media sosial, maka sangat tepat jika dimanfaatkan untuk beriklan di media sosial.

Selain itu, beriklan di media sosial dapat dilakukan dengan sangat menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Anda dapat mentarget siapa saja yang menjadi sasaran bisnis Anda terkait dengan jenis kelamin dan usia.

Iklan di media sosial dapat dilakukan dengan menggunakan gambar atau video produk Anda. Untuk pertama kali, Anda dapat menggunakan camera handphone Anda terlebih dahulu untuk mendokumentasikan produk Anda. Jika sudah berjalan, Anda dapat menyewa jasa dokumentasi profesional.

Langkah ke 5 : Berikan Penawaran Gratis atau Diskon

Jika produk Anda baru dipasarkan dan belum dikenal oleh masyarakat, maka bagikan produk Anda kepada calon customer sebagai sampel. Karena mereka belum tahu bagaimana kualitas produk Anda.

Anda memang harus menyiapkan barang yang dijadikan sampel terutama produk makanan dan minuman. Mintalah orang lain untuk mencoba dan merasakan produk Anda. Anda bisa mengirimkan sampel secara gratis tapi mereka menanggung ongkirnya.

Jika Anda sudah lama berjualan, maka sudah saatnya Anda memberikan diskon kepada customer Anda. Karena dengan cara seperti ini, mereka akan kembali membeli produk Anda.

Baca juga : 5 ide / Peluang bisnis Online yang Populer di Tahun 2019

Langkah Ke 6: Ajaklah para pelanggan Anda untuk menceritakan pengalaman mereka dalam menggunakan bisnis Anda.

Setelah Anda memberikan sampel atau diskon, maka mintalah testimoni dari mereka terkait Produk Anda.

Tidak ada alat promosi yang lebih kuat daripada kesaksian orang-orang kepada anggota keluarga atau teman-teman mereka mengenai produk atau kualitas bisnis Anda.

Jika para pelanggan Anda sangat puas, Anda seharusnya meminta mereka untuk merekomendasikan Anda atau produk Anda kepada anggota keluarga atau teman-teman mereka.

Penting untuk Anda sadari bahwa para pelanggan Anda tidak secara otomatis melakukan itu dan terkadang sedikit usaha untuk mendekati dan meminta mereka melakukannya dapat memberi manfaat yang luar biasa. Ayo lakukan hal ini, beranikan diri untuk meminta mereka mempromosikan bisnis Anda.

Langkah Ke 7 : Bangunlah Hubungan dengan Para Pelanggan Anda

Para pelanggan adalah manusia, bukan sekadar data atau angka, dan mereka penting untuk masuk dalam pertimbangan agar Anda membangun hubungan dengan mereka. Sebagai contoh, Anda dapat mengirimkan kartu selamat hari raya untuk sekaligus mempromosikan bisnis Anda kepada orang-orang yang Anda kenal.

Share artikel ini jika bermanfaat!!! Siapa tahu teman Anda juga membutuhkan informasi ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *