7 Langkah Menjadi Dropshipper Sukses

7 Langkah Menjadi Dropshipper Sukses

DOWNLOAD SEKARANG >>>2 Ebook Gratis tentang 21 Ide Bisnis & Financial Freedom

Pingin bisnis tanpa modal???

Menjadi dropshipper merupakan salah satu solusinya. Karena Anda tinggal memasang dan mempromosikan gambar produk dari suplier tanpa harus stok barang.

Ketika ada pembeli, Anda tinggal menghubungi suplier untuk mengemas barang yang di pesan pembeli dan mengirimkan ke alamat pembeli atas nama Anda. Selain itu, Anda juga dapat menaikkan harga produk dari suplier.

Masih bingung sistem kerjanya? Silahkan perhatikan gambar berikut ini !

Bagaimana cara memulainya??

Baik, kita akan bahas satu persatu ya…

Langkah Ke 1 : Tentukan Barang yang Anda Jual

Langkah ini biasanya membingungkan, karena ada banyak produk yang disediakan oleh suplier. Tapi, Anda tidak tau produk mana yang dibutuhkan oleh customer.

Ada beberapa pertimbangan yang dapat Anda gunakan dalam menentukan barang yang akan Anda jual melalui sistem dropship:

  • Tinggi peminatnya
  • Tidak mudah rusak
  • Legal
  • Simpel (mudah dikirim)
  • Spesifik
  • Dibutuhkan orang dalam waktu lama (bukan musiman)

Dari ciri-ciri di atas Anda dapat menjual produk berupa ; food & beverage (makanan & minuman), fashion (pria, wanita, anak, dewasa) dan leather product (sepatu, tas & jaket).

Langkah Ke 2 : Tentukan Customer Anda

Setelah Anda menentukan produk yang akan dijual, selanjutnya Anda menentukan siapakah calon customer yang menjadi target market.

Calon customer dapat ditentukan dari usia, jenis kelamin, hobi, serta faktor lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai pendekatan dan promosi.

Jika Anda akan menjual tas ransel, maka usia calon customer Anda berkisaran 17 – 35 tahun, semua jenis kelamin, yang masih kuliah maupun pegawai.

Langkah ke 3 : Analisis Kompetitor Anda

Ingat !!!

Anda adalah pendatang baru, pasti sudah ada orang yang sudah melapakkan dagangannya sebelum Anda. Berarti mereka adalah kompetitor/saingan Anda.

Di sisi lain, justeru Anda dapat belajar dari mereka secara diam-diam. Bagaimana cara mereka mempromosikan produk? Bagaimana mereka melayani pelanggan? Dari situ, Anda akan mendapatkan kelebihan dan kelemahan kompetitor Anda.

Tapi yang perlu dihindari adalah kompetitor “raksasa” yaitu dari perusahaan yang besar. Dari segi pelayanan dan harga pasti sudah kalah jauh. Sekali lagi hindari bersaing dengan kompetitor raksasa titik.

Selanjutnya, carilah minimal 5 kompetitor kemudian pelajari dari masing-masing. Kemudian terapkan kelebihan mereka pada bisnis Anda dan gunakan kelemahan mereka sebagai bahan pelajaran.

Langkah ke 4 : Cari Suplier

Setelah Anda yakin dengan produk yang akan dijual, calon pelanggan, dan kompetitor, maka selanjutnya adalah mencari suplier atau pemasok barang.

Karena Anda dropshiper, Anda tidak perlu memproduksi barang dan stok barang. Anda cukup mencari pemasok yang dapat dipercaya. Karena ini akan menentukan keberlanjutan usaha Anda.

Ciri-ciri suplier yang baik :

  • Respon cepat
  • harga murah
  • kualitas barang baik
  • terpercaya
  • Stok barang banyak
  • Ramah
  • dll

Untuk mendapatkan suplier, Anda dapat mengunjungi marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, blibli, dan lainnya.

Mencari Suplier di Tokopedia:

  • Buka halaman tokopedia
  • ketikkan “nama produk” pada kotak pencarian
  • Pilih/ceklist harga grosir (disebelah kiri layar)
  • Pilih rating bintang 4 ke atas
  • Maka akan tampil beberapa suplier berikut dengan penilaian dari pembeli. Carilah yang paling bagus penialainnya atau rating 4 ke atas

Mencari Suplier di Shopee:

  • Buka halaman shopee
  • ketikkan “nama produk” pada kotak pencarian
  • Pilih terlaris
  • Pilih/ceklist Go Send Someday
  • Pilih rating bintang 4 ke atas atau 5
  • Maka akan tampil beberapa suplier berikut dengan penilaian dari pembeli. Carilah yang paling bagus penialainnya atau rating 4 ke atas

Setelah ketemu beberapa calon suplier, Silahkan pelajari dan analisa manakah suplier yang mendekati ciri-ciri suplier yang baik.

Pencarian suplier di marketplace yang lain tidak jauh berbeda caranya.

Langkah ke 5 : Menentukan Harga Jual

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa supplier yang mewajibkan para resellernya untuk menjual produk dengan harga yang sudah ditentukan.

Tujuan utamanya biar gak menjatuhkan harga pasar.

Tapi itu gak semua kok cuma beberapa, sedangkan untuk yang memberikan kebebasan, saatnya Anda menentukan strategi harga jual yang paling tepat.

Penentuan harga jual di ambil dari harga pokok + profit/keuntungan. Biasanya profit sebesar 10-20%, itu sudah lebih dari cukup untuk setiap produk yang Anda jual.

Karena Anda gak ngeluarin modal untuk beli produk terlebih dulu, cuma modal pemasaran aja.

Anda juga perlu menganalisis harga jual di pasaran. Jangan berkecil hati kalau ada kompetitor lain yang bisa menjual produk lebih murah.

Langkah ke 6 : Siap Jualan

Setelah mendapatkan suplier yang terpercaya dan menentukan harga produk yang sesuai, berarti Anda sudah siap untuk jualan. tinggal melakukan beberapa langkah lagi yaitu :

Menentukan nama brand toko Anda dan menyiapkan gambar-gambar yang relevan dengan produk yang Anda jual.

Berilah nama brand toko Anda yang semenarik mungkin tapi tidak pasaran. Demikian juga gambar yang disiapkan hendaknya tidak dari Hak Cipta (kecuali udah dapat ijin).

Langkah Ke 7 : Pilih Media Promosi

Di tahap ini, Anda mulai mengenalkan dan mempromosikan keberadaan brand kepada target audiens, tentu setelah pondasinya sudah siap ya.

Agar proses promosi berjalan dengan efektif dan efisien, maka perlu ditempatkan pada media online yang tepat.

Jenis media online berupa : toko online, marketplace (tokopedia, buka lapak, shopee, dll) dan sosial media (facebook, instagram, tweeter, dll)

Khususnya untuk penyebaran di sosial media, Anda harus menyesuaikan apakah pelanggan Anda itu menggunakan sosial media tersebut. Jangan sampai Anda sudah susah payah membangun brand lewat facebook, ternyata sebagian besar pelanggan Anda itu menggunakan instagram.

Kabar baiknya…., sekarang Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari suplier di Marketplace.

Karena sudah ada tools yang berfungsi untuk mencari suplier dengan mudah, scrape ribuan produk, Auto post gambar produk ke marketplace dan masih banyak lagi kegunaannya.

Tool itu bernama DROPSHIP TOOL SEDOT-X

Tool ini sangat memudahkan kepada para dropshiper. karena tidak perlu cari suplier dan upload barang secara manual. Semuanya akan dijalankan oleh tool ini.

Informasi selengkapnya mengenai Sedot-X Silahkan Klik Di sini >>>

Share artikel ini jika bermanfaat!! Siapa tau teman Anda juga membutuhkan informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *