7 Langkah Kunci Sukses Memulai Bisnis Online

7 Langkah Kunci Sukses Memulai Bisnis Online

DOWNLOAD SEKARANG >>>2 Ebook Gratis tentang 21 Ide Bisnis & Financial Freedom

1. Lakukan riset kebutuhan pasar

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah mencari barang atau produk kemudian menjualnya baik offline maupun online tanpa memperdulikan produk tersebut dibutuhkan orang-orang di sekelilingnya atau tidak, yang penting menurutnya (penjual) senang menjual produk tersebut.

Padahal yang paling penting untuk dilakukan pertama kali ketika akan menjual produk adalah mengetahui dan menemukan kebutuhan pasar terlebih dahulu. Apa yang menjadi problem oleh customer? Apa yang mereka butuhkan ?

Maka carilah sekelompok orang yang mempunyai masalah yang selama ini mencari solusi tapi belum ditemukan hasilnya, atau membutuhkan produk yang belum didapatkan.

Riset pasar dapat dilakukan dengan :

  1. Mengunjungi forum-forum online, tujuannya untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan atau keluhan orang terkait masalah yang mereka miliki. Misalnya facebook group, kaskus, dan lain-lain.
  2. Melakukan riset keyword, tujuannya untuk mengetahui kata kunci (keyword) yang sering digunakan untuk mencari di internet. Misalnya masuk di situs jual beli online (tokopedia, bukalapak, shopee, dll) pada bagian pencarian barang sudah ada kata-kata “pencarian paling populer”. Itu menunjukkan bahwa banyak customer mencari produk tersebut.
  3. Melacak kompetitor yang ada, dengan cara mengunjungi web mereka kemudian membuat catatan bagaimana mereka melayani dan memenuhi para customer. Kemudian menerapkannya pada bisnis yang hendak dibangunnya. Kalau bisa justru melakukan yang lebih baik lagi daripada kompetitornya.

Baca juga : 5 Ide/Peluang Bisnis yang Paling Populer di Tahun 2019>>>

2. Buatlah deskripsi tentang produk yang dijual

Setelah menemukan produk berdasarkan riset dan kebutuhan pasar, maka langkah selanjutya adalah membuat deskripsi informasi tentang produk tersebut. Dengan informasi tersebut, customer akan mengetahui manfaat produk, bahan, cara pemakaian, dll. Akan lebih bagus lagi jika produknya dikemas dengan baik, serta ditambahkan testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan produk tersebut.

Jika produknya baru dan belum ada yang menggunakan sama sekali, maka dapat dibagikan ke kerabat dekat sebagai testee. Setelah itu mereka dimintai testimoni setelah menggunakan produk tersebut. (memang perlu modal dulu kali yaahhh…). Kemudian testimoni tersebut dishare sebagai penguat informasi.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan garansi atau jaminan produk tersebut kepada customer, apabila ternyata produk tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah customer maka uang kembali 100% misalnya.

Dengan penguatan-penguatan seperti di atas, maka akan menarik calon pembeli untuk memutuskan pembelian.

3. Membuat Website/Blog

Setelah menemukan pasar dan produk yang akan dijual, maka langkah selanjutnya adalah membuat website/blog. Website atau blog ini digunakan sebagai toko, kantor atau gudang dalam berjualan online. Membuat web yang sederhana tidaklah sulit, bisa dipelajari sendiri. Ada yang gratisan seperti wordpress, blogspot, jomla, dll., dan ada juga yang berbayar.

Bedanya blog gratisan dan berbayar terletak pada domain. Jika gratisan domainnya menginduk pada bloggernya seperti edubisnisonline.blogspot.com atau edubisnisonline.wordpress.com. jika berbayar domainnya bisa pilih sendiri, misalnya edubisnisonline.com. Sudah banyak panduan atau tutorial yang dishare oleh blogger profesional mengenai cara membuat blog.

Pada prinsipnya, web atau blog yang digunakan hendaknya mudah dioperasikan oleh customer, seperti navigasi yang jelas dan sederhana, font yang familier, warna background yang tidak mencolok. Serta perlu dipasang email marketing.

Web atau Blog ini merupakan etalase penjualan produk online, maka buatlah ramah terhadap customer. Situs web Anda harus menggambarkan apa yang Anda jual.

Pingin mahir buat blog?? Bisa coba ini >>>

4. Iklankan Website atau Blog

Website atau blog yang baru dibangun, kemungkinan belum bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian (search engine) sehingga tidak dikenal oleh banyak orang. Untuk bisa tampil di halaman pertama Google harus butuh waktu yang tidak sebentar, sehingga kita tidak mendapatkan penjualan produk kita.

Cara termudah untuk mengiklankan web kita adalah dengan PPC (pay per click) yaitu adalah bayar per klik. PPC merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya, biasanya menggunakan Google Adsense. Yang diiklankan adalah web atau blog kita.

Jika web atau blog diiklankan, maka web tersebut akan tampil di halaman pertama pada google. Sehingga ketika seseorang mencari produk atau sesuatu di google dan yang dicari ada kaitannya dengan web kita, maka web kita akan tampil di halaman pertama.

Selain PPC, website juga dapat diiklankan melalui Facebook Ads, yaitu beriklan di facebook terkait website, blog, bahkan langsung produk atau jasa.

5. Bangunlah Reputasi Anda

Orang yang mampir ke website anda belum tentu mereka akan langsung membeli produk yang kita jual, apalagi mereka belum mengenal produk kita. Maka cara yang tepat adalah memberi konten informasi secara gratis pada website atau blog Anda melalui artikel, video, gambar atau konten yang bermanfaat lainnya.

Kemudian share link artikel tersebut di media sosial seperti facebook, tweeter, instagram, telegram, whatsapp, dan media sosial lainnya. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan banyak pembaca yang mengunjungi web Anda dan saat yang tepat akan membeli produk Anda.

6. Gunakanlah kekuatan Email Marketing untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli

Tidak semua pengunjung adalah pembeli

Agar pengunjung yang mampir ke web Anda kembali lagi dan memutuskan untuk membeli, maka bangunlah relasi melalui email marketing. Sediakan fasilitas email marketing di web Anda untuk membuat daftar pengunjung yang telah mampir ke web Anda. Pengunjung yang telah memasukkan emailnya di email marketing merupakan aset yang paling berharga dari bisnis online.

Misalnya Anda ingin membagikan ebook gratis, tetapi pengunjung harus memasukkan email mereka. Setelah mendapatkan email, maka Anda dapat menawarkan produk yang Anda jual melalui email tersebut. Karena ketika mereka memasukkan email tanpa ada paksaan sama sekali.

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang murah dan efektif dibanding dengan media lainnya, karena sasarannya sangat tertarget.

7. Meningkatkan penghasilan melalui back-end sales dan upselling

Bisa menjual barang bukan berarti urusan Anda selesai, tapi bagaimana customer yang telah membeli produk Anda mau kembali lagi membeli produk bahkan sampai berlangganan, ini merupakan urusan yang menguras tenaga tersendiri. Paling tidak bagaimana agar minimal 30% customer mau kembali membeli produk Anda.

Salah satu caranya adalah melalui back-end sales and upselling, yaitu menawarkan produk pelengkap produk lain yang telah dibeli pelanggan dan menawarkan bonus jika pelanggan membeli lebih. Misalnya Anda menjual sepatu dan ada customer membeli sepatu dari Anda, maka tawarilah mereka semir sepatu atau rak sepatu atau kaos kaki dan lainnya (back-end sales). Jika mereka mau membeli 2 pasang sepatu maka kasih diskon 10%, apalagi sampai menjadi reseller (upselling).

Like dan Share tulisan ini jika bermanfaat !!!
Siapa tahu teman Anda juga membutuhkan. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *